Bauran pemasaran?Apa sih itu?

Istilah ini pertama kali digunakan oleh Neil Borden, yang
terinspirasi dari gagasan James Cullington yang menyatakan
bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai 'mixer of ingredients'.
Maksudnya? Jadi, seorang eksekutif bisnis terkadang mengikuti resep orang lain,
kadang menentukan resep sendiri, menyesuaikan resep berdasar bahan-bahan yang
tersedia, dan bahkan bereksperimen dengan atau menemukan bahan-bahan yang belum
pernah dicoba.
Bauran pemasaran sendiri ada dua macam, yaitu: 5P dan 7P. Apasih perbedaan
nya?
1. 5P (Konvensional).
Mungkin isitilah ini masih asing bagi
masyarakat sekitar. Apa sih 5P?
5P merupakan taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang
berbeda-beda untuk memenangkan hati klien dalam target suatu market. 5P ini
dapat dikontrol berdasarkan pada kondisi internal dan eksternal perusahaan.
Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan klien disebut juga sebagai penggunaan 'tactical marketing mix' .
Apa aja sih yang termasuk ke dalam 5P?
A. Product (produk).
Yang pertama ada produk, mengacu
pada apa yang anda jual termasuk juga fitur beserta keuntungan yang akan klien
dapatkan jika membeli produk/servis Anda. Ketika akan memasarkan produk Anda,
pikirkan juga kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda.
B. Price (harga).
Menentukan harga dasar suatu
produk atau servis dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi klien Anda.
Ketika akan menentukan harga, hal pertama yang dilakukan adalah
mengidentifikasi seberapa besar klien Anda akan membayar produk tersebut,
margin profit, metode pembayaran, serta biaya lainnya.
C. Promotion (promosi).
Beberapa taktik promosi yang dapat
Anda gunakan untuk menarik hati klien seperti iklan, taktik penjualan, promosi,
dan penjualan langsung. Secara umum taktik tersebut disebut sebagai taktik
marketing.
D. Place (tempat).
Mengacu pada dimana produk/servis
Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien untuk
menuju ke produk/servis anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk
memastikan klien dapat menemukan anda dengan mudah..
E. People (orang).
Mencakup pada staf dan salesman
yang bekerja untuk Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer
service yang unggul, dengan itu Anda telah membangun pengalaman yang porsitif bagi klien Anda dan
secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai
balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan
program referral Anda.
2. 7P (Commercial).

Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang
dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran
pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya
adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik.Dalam marketing mix
perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar
pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran,
yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan
physical evidence.
Promotion Mix:
A. Product
(The Services)
Produk
jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan
konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli
barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.
Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh
konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
B. Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan
penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan
total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus
diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan,
serta persaingan.
C. Place
Tempat
atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan
karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya
rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi
tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi
yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk
menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik
tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan
yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur
place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran
juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi
pemasaran.
D. Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
- Mengidentifikasi dan menarik
konsumen baru
- Mengkomunikasikan produk
baru
- Meningkatkan jumlah konsumen
untuk produk yang telah dikenal secara luas
- Menginformasikan kepada konsumen
tentang peningkatan kualitas produk
- Mengajak konsumen untuk
mendatangi tempat penjualan produk
- Memotivasi konsumen agar memilih
atau membeli suatu produk.
Marketing
Mix:
E. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa,
terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi.
Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan
konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan
menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di
luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari
karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi
kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat
diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam
bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi
karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan
pada level yang diekspetasikan.
F. Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh
operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang
terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal
terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
G. Physical
Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
Referensi:
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/(diakses pada, kamis, 8-11-2018).
http://ameliayoniawati.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html(diakses pada, kamis, 8-11-2018).
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html(diakses pada, kamis, 8-11-2018).
Komentar
Posting Komentar