BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Bauran pemasaran?Apa sih itu?

Istilah ini pertama kali digunakan oleh Neil Borden, yang terinspirasi dari gagasan James Cullington yang menyatakan bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai 'mixer of ingredients'. Maksudnya? Jadi, seorang eksekutif bisnis terkadang mengikuti resep orang lain, kadang menentukan resep sendiri, menyesuaikan resep berdasar bahan-bahan yang tersedia, dan bahkan bereksperimen dengan atau menemukan bahan-bahan yang belum pernah dicoba.

Bauran pemasaran sendiri ada dua macam, yaitu: 5P dan 7P. Apasih perbedaan nya?

1.     5P (Konvensional).
Hasil gambar untuk bauran pemasaran 5p
          Mungkin isitilah ini masih asing bagi masyarakat sekitar. Apa sih 5P?
5P merupakan taktik marketing yang dapat digunakan dalam kombinasi yang berbeda-beda untuk memenangkan hati klien dalam target suatu market. 5P ini dapat dikontrol berdasarkan pada kondisi internal dan eksternal perusahaan. Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien disebut juga sebagai penggunaan 'tactical marketing mix' .
Apa aja sih yang termasuk ke dalam 5P?

      A. Product (produk).
           Yang pertama ada produk, mengacu pada apa yang anda jual termasuk juga fitur beserta keuntungan yang akan klien dapatkan jika membeli produk/servis Anda. Ketika akan memasarkan produk Anda, pikirkan juga kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda.
      B. Price (harga).
           Menentukan harga dasar suatu produk atau servis dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi klien Anda. Ketika akan menentukan harga, hal pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi seberapa besar klien Anda akan membayar produk tersebut, margin profit, metode pembayaran, serta biaya lainnya.
      C. Promotion (promosi).
           Beberapa taktik promosi yang dapat Anda gunakan untuk menarik hati klien seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum taktik tersebut disebut sebagai taktik marketing.
      D. Place (tempat).
           Mengacu pada dimana produk/servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien untuk menuju ke produk/servis anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan anda dengan mudah..
      E. People (orang).
           Mencakup  pada staf dan salesman yang bekerja untuk Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, dengan itu Anda telah membangun pengalaman yang porsitif bagi klien Anda dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.

       2. 7P (Commercial).
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik.Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
                                  
       Promotion Mix:
       A. Product (The Services)
           Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
       B. Price
         Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.
       C. Place
          Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran.
      D. Promotion 
           Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain : 
  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru 
  • Mengkomunikasikan produk baru 
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas 
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk 
  • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk 
  • Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk. 
           Marketing Mix:
           E. People 
                People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
          F. Process 
          Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
         G. Physical Evidence 
       Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.


Referensi:

Komentar